10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara 10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara

10 Jenis Ikan yang Biasa Dipelihara

Written by

10 Jenis Ikan yang Biasa Dipelihara

 

Dalam dunia akuarium, terdapat berbagai jenis ikan yang populer dan sering dipelihara oleh para penggemar akuarium. Berikut adalah 10 jenis ikan yang biasa dipelihara dan menjadi favorit di kalangan penghobi akuarium:

1. Guppy (Poecilia reticulata)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-guppy

Guppy adalah salah satu jenis ikan akuarium paling populer karena mudah perawatannya dan reproduksi yang cepat. Mereka terkenal karena keindahan warna dan pola siripnya yang menarik. Guppy juga dikenal sebagai ikan yang mudah dipelihara dan toleran terhadap berbagai kondisi air. Mereka biasanya hidup dalam kelompok dan dapat berkembang biak dengan cepat. Panjang total tubuh ikan betina antara 4–6 cm, sedangkan jantannya lebih kecil, sekitar 2½–3membentuk pola seperti jala (reticulata = dengan pola jaring atau jala), dan perut gendut berwarna putih. Guppy adalah pilihan yang bagus bagi pemula dalam dunia akuarium. Mereka dapat hidup dalam akuarium yang lebih kecil dan cocok untuk pemula dalam dunia akuarium. Guppy juga memiliki sifat yang ramah dan sering kali hidup damai dengan ikan lainnya.

2. Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-Neon-Tetra

Neon Tetra adalah ikan kecil dengan warna biru cerah dan merah yang mempesona. Mereka damai dan cocok untuk akuarium berukuran kecil hingga sedang. Neon Tetra adalah ikan kecil yang terkenal karena warna biru cerah dan merah yang memanjang dari kepala hingga ekornya. Mereka memiliki sifat yang damai dan cocok untuk dihuni bersama dengan ikan-ikan lain yang sejenis ukurannya. Neon Tetra cenderung hidup dalam kelompok yang besar dan membutuhkan lingkungan air yang bersih dan stabil. Neon Tetra adalah ikan yang damai dan cocok untuk ditempatkan bersama dengan ikan-ikan lain yang sejenis ukurannya. Mereka membutuhkan makanan yang seimbang dan kondisi air yang bersih untuk tetap sehat. Neon tetra adalah ikan yang aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari. Ikan ini akan mencari makan, bermain, dan menjelajah lingkungannya pada siang hari. Ikan ini akan memanfaatkan cahaya matahari atau cahaya buatan untuk melihat dengan baik. Neon tetra akan berhenti bergerak, menyembunyikan diri, dan tidur pada malam hari. Ikan ini akan mengurangi metabolisme tubuhnya untuk menghemat energi pada malam hari.

3. Molly (Poecilia sphenops)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-molly

Ikan Molly berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, tepatnya dari negara Meksiko, Belize, Guatemala, dan Honduras. Ikan ini ditemukan pertama kali di daerah pesisir Meksiko pada abad ke-19. Ikan Molly merupakan anggota dari keluarga Poeciliidae, yang terdiri dari sekitar 40 spesies ikan air tawar yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Molly adalah ikan yang ramah dan mudah dipelihara. Molly adalah ikan tropis yang beragam warna dan mudah dipelihara. Mereka hadir dalam berbagai warna dan pola, dan dapat hidup baik di air tawar maupun air asin. Molly adalah ikan tropis yang juga berasal dari keluarga Poeciliidae, seperti guppy. Mereka hadir dalam berbagai warna dan bentuk, membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan penghobi ikan. Molly dikenal cukup tahan terhadap berbagai kondisi air, tetapi lebih suka lingkungan air yang sedikit beralkali dan keras. Mereka juga dapat hidup baik dalam kolam air tawar maupun air asin. Mereka memiliki sifat yang ramah dan cukup tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Molly seringkali menjadi favorit di kalangan penghobi karena keindahan dan keunikan pola warnanya.

4. Betta Fish (Betta splendens)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-betta-fish

Betta splendens atau Cupang Petarung Siam merupakan jenis ikan cupang yang biasa dijadikan ikan hias maupun ikan aduan, terutama jenis yang lama. Menurut catatan, ikan cupang ini telah dibudidayakan sejak tahun 1970. Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat namun tidak ditopang dengan gigi tajam dan sisik yang kuat. Betta Fish adalah ikan yang indah dan memiliki kepribadian yang unik. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan memiliki sirip yang indah. Betta jantan memiliki sifat agresif terhadap sesamanya dan perlu ditempatkan sendiri dalam akuarium. Mereka membutuhkan air hangat dan bersih untuk tetap sehat. Betta Fish dapat hidup dalam berbagai kondisi air, namun lingkungan yang terpelihara dengan baik akan membuat mereka lebih sehat dan bahagia. Mereka juga membutuhkan air yang hangat dan bersih untuk tetap sehat. Betta Fish dapat hidup dalam berbagai kondisi air, namun lingkungan yang terpelihara dengan baik akan membuat mereka lebih sehat dan bahagia.

5. Platies (Xiphophorus maculatus)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-platies

Ikan melati biasa disebut ( Xiphophorus maculatus ) tumbuh dengan panjang keseluruhan maksimum 7,0 cm (2.8 di dalam ). Dimorfisme seksual sedikit, sirip ekor jantan lebih runcing. Sirip dubur ikan jantan telah berevolusi menjadi gonopodium, organ berbentuk tongkat yang digunakan untuk reproduksi. Sirip dubur ikan melati biasa betina berbentuk kipas. Varietas liar memiliki warna yang menjemukan, tidak memiliki gurat sisi gelap khas yang umum ditemukan pada banyak spesies Xiphophorus . Ikan melati biasa dapat memiliki 20–50 goreng (bayi ikan) sekaligus, sebulan sekali. Mereka mungkin juga memakan anak mereka sendiri. Platies adalah ikan kecil yang ramah dan mudah dipelihara. Mereka hadir dalam berbagai warna dan pola, dan seringkali menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium komunitas. Platies adalah ikan tropis kecil yang populer di kalangan penghobi ikan. Platies mudah dipelihara dan cocok untuk akuarium pemula. Mereka cenderung hidup damai dengan ikan lain dan dapat berkembang biak dengan cepat.

6. Swordtails (Xiphophorus hellerii)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-swordtails

Swordtails adalah ikan yang hidup dan penuh energi dengan sirip yang panjang menyerupai pedang. Swordtails adalah ikan yang dinamakan demikian karena ekor jantan yang memanjang menyerupai pedang. Mereka juga tersedia dalam berbagai warna dan pola. Swordtails mudah dipelihara dan biasanya hidup damai dalam akuarium komunitas. Mereka juga bisa berkembang biak dengan cepat dan hadir dalam berbagai warna dan pola, dan mudah dipelihara. Ikan ekor pedang lebih menyukai aliran sungai yang berarus deras dan bervegetasi lebat, tetapi juga ditemukan di mata air dan kanal yang hangat. Omnivora, makanannya meliputi tumbuhan dan krustasea kecil, serangga, dan cacing annelida.

7. Angelfish (Pterophyllum scalare)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-angelfish

Ikan Angelfish berasal dari Amerika Selatan, di daerah Amazon River Basin, termasuk di negara-negara seperti Peru, Kolombia, Brasil, dan Guyana. Ikan ini hidup di perairan yang tenang dan lambat mengalir, seperti sungai, rawa, dan danau.Angelfish adalah ikan yang elegan dan indah dengan sirip-sirip yang mempesona. Mereka membutuhkan ruang yang cukup dalam akuarium dan dapat hidup dengan berbagai jenis ikan lainnya. Mereka memiliki bentuk tubuh yang menarik dengan sirip yang panjang. Angelfish membutuhkan akuarium yang cukup besar dan lingkungan yang terpelihara dengan baik. Mereka bisa hidup dalam kelompok, tetapi terkadang dapat agresif terhadap sesama jenisnya. Memiliki bentuk tubuh seperti busur panah dan cenderung lebih pipih dibanding ikan lainnya, memiliki sirip pada bagian punggungnya yang membentang lebar ke arah ekor, memiliki dua sirip di bagian bawah badannya yang memanjang dan melengkung ke arah ekor, memiliki warna sisik yang sangat beragam, dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 25 cm.

8. Goldfish (Carassius auratus)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-goldfish

Goldfish adalah ikan hias yang populer di seluruh dunia karena warna dan bentuknya yang menarik. Mereka dapat hidup baik di akuarium maupun kolam, tetapi membutuhkan perawatan yang cermat. Mereka hadir dalam berbagai varietas, termasuk jenis dengan ekor panjang dan ekor pendek. Goldfish membutuhkan perawatan khusus dan lingkungan yang bersih untuk tetap sehat. Mereka juga membutuhkan ruang yang cukup dalam akuarium. Goldfish (Carassius auratus) merupakan ikan hias yang banyak diminati diseluruh dunia. Goldfish memiliki tubuh yang bersisik dan berbentuk tubuh bulat dengan mulut berukuran kecil serta terletak pada posisi terminal. Goldfish secara umum memiliki sirip dorsal yang relatif panjang. Goldfish juga memiliki warna yang bervariasi mulai dari merah, kuning, hijau, hitam, hingga keperak-perakan. Goldfish memiliki perangkat sirip lengkap antara lain sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor. Goldfish memiliki bentuk kepala yang berbeda-beda pada masing-masing jenisnya.

9. Corydoras Catfish (Corydoras sp.)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-corydoras

Corydoras berasal dari Amerika Selatan termasuk jenis "Catfish". Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang bernilai ekonomis cukup tinggi sehingga berpeluang dikelola secara komersial. Ketertarikan masyarakat menggeluti ikan ini disebabkan corydoras termasuk ekspor dan budidayanya relatif mudah. Di Indonesia, budidayanya sudah dilakukan terlebih di daerah Jawa. Corydoras Catfish adalah ikan dasar yang ramah dan damai. Mereka adalah pemakan sisa makanan dan sangat berguna untuk membersihkan substrat akuarium. Corydoras Catfish hidup damai dalam kelompok dan membutuhkan substrat lunak di dasar akuarium.

10. Discus (Symphysodon sp.)

10-jenis-ikan-yang-biasa-dipelihara-discus

Ikan Diskus (Genus Symphysodon) adalah genus ikan siklid (famili Cichlidae) yang berasal dari lembah sungai Amazon di Amerika Selatan. Karena bentuk, perilaku, dan warna serta coraknya yang khas, diskus populer sebagai ikan hias air tawar yang biasa dipelihara dalam akuarium, dan budidaya ikan diskus di beberapa negara di Asia merupakan industri besar. Ikan diskus telah menarik banyak kolektor dan telah menciptakan industri internasional bernilai jutaan dolar lengkap dengan pertunjukan, kompetisi, dan peternak online yang terkenal. Discus adalah ikan yang indah dan eksotis dengan warna dan pola yang menakjubkan. Mereka membutuhkan perawatan yang cermat dan air yang bersih untuk tetap sehat. Mereka membutuhkan perawatan khusus dan lingkungan akuarium yang stabil. Discus cenderung lebih sensitif terhadap perubahan air daripada beberapa jenis ikan lainnya. Mereka merupakan pilihan yang bagus bagi penghobi ikan yang lebih berpengalaman.

 

 

Referensi :

Fishkeeping World

The Spruce Pets

LiveAquaria

Wikipedia

news.unair.ac.id

https://perpustakaan.ung.ac.id/

https://aquair.id/ikan-neon-tetra-paracheirodon-innesi/

https://www.emirgarden.com/

Read 24 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.