Cara Mengenali Burung Hantu Yang Sakit

Written by

Foto-Dari-Cara-Mengenali-Burung-Hantu-Yang-Sakit

Berikut ini adalah cara mengenali burung yang sedang sakit :

 

1. Burung Hantu tidak mau Berdiri dan Kepala tertunduk

view-dari-burung-hantu

Ketika burung hantu mengalami gejala ini, dapat dipastikan burung hantu mengalami sakit. Perlu di ketahui penyakit seperti ini bisa mendatangkan kematian. Gejalanya sangat tiba tiba, paginya sehat, siangnya muntah-muntah, tidak mau makan, kepala tertunduk, berdiri tidak stabil, tidak berada dibawah kandang. Perlu diketahui burung hantu memang muntah ketika ia makan makanan yang tidak dapat dicerna oleh lambungnya. Contohnya tulang, paruh tengkorak, dll. Tetapi jika makanan lembut seperti jangkrik di muntahkannya berarti burung hantu tersebut sedang sakit dan harus segera diberi perawatan yang serius. Penyakit ini disebabkan oleh virus, dan jika kurang yakin dengan gejala diatas periksa dan buka paruh burung hantu tersebut, maka akan terlihat pucat dan berlendir. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi kandang yang tidak bersih dan terlalu banyak memberi makan jangkrik pada burung hantu tersebut.Nah, obatnya cukup dengan obat ANTI SARAF. Penggunaanya 2 tetes dalam 1 kali pemakaian sehari 3x untuk kesembuhan yang maksimal.

2. Mata yang Tertutup Baik pada Siang hari ataupun Malam hari

view-dari-burung-hantu-yang-sakit

Karena burung hantu yang sehat, pasti sorot matanya tajam dan melotot. Untuk mengobatinya berikan makanan jangkrik setiap hari dengan sebelumnya jangkrik tersebut diberi minyak ikan yang berkualitas baik. Diharapkan dengan memberikan jangkrik dengan campuran minyak ikan akan membuat keadaan burung hantu peliharaan kamu membaik dan membuka matanya yang besar itu.

3. Gejala Stress 

view-dari-burung-hantu

Ciri stres pada burung antara lain adalah burung hantu terlihat murung, mata sering terpejam/merem, dan nafsu makan yang berkurang atau tidak mau makan sama sekali. Cara untuk mengatasi gejala stress adalah Jika dana sedikit maka berikan jangkrik selama 4 hari setiap hari, jika punya dana lebih maka berikan tikus putih yang bersih dan sehat selama 4 hari juga.

4. Mengenali Gejala penyakit Tetelo atau Newcastle disease

view-dari-burung-hantu

Newcastle disease yaitu kejang-kejang yang disebabkan oleh virus. Untuk menanggulanginya, setelah membeli atau mendapat burung hantu, segera beri vaksin yang bisa didapat di toko burung. Umumnya obat vaksin tetes ini dalam bentuk seperti botol tetes mata dan harganya juga tidak terlalu mahal. Sumber penyebaran penyakit ini sendiri yaitu melalui udara, minuman dan pakan burung hantu yang kotor dan tercemar. Penyakit ini menular dengan sangat cepat sehingga jika kamu memiliki banyak burung hantu dan salah satunya mengidap penyakit ini maka langsung isolasi burung hantu yang terjangkit penyakit ini agar tidak menular kepada burung hantu yang lainnya.

5. Badan Burung yang Menggigil dan Bergetar.

view-dari-burung-hantu

Badan yang menggigil atau bergetar menandakan burung hantu sedang sakit. Cara untuk mengobatinya dengan membuat hangat tempat burung hantu beristirahat dan setiap jam 6-7 pagi diberi sinar matahari agar badannya kembali segar.

Jangan lupa kalo ke bandung mampir ke zoomanji bandung di Jalan dago giri km 2.2 mekarwangi lembang bandung.

.

source by :

hewanpedia.com

jalaksuren.net

 

Read 213 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.